Menurunkan Berat Badan Setelah Persalinan Secara Tradisional

By December 30, 2011 Health & Fitness One Comment
cara-menurunkan-berat-badan-setelah-melahirkan

Ketika hamil dan setelah melahirkan adalah saat yang paling ditakutkan oleh sebagian besar wanita, karena saat itu adalah saat dimana tubuh wanita mengalami kenaikan berat badan secara dramatis. Ketakutan lainnya adalah, ketika mereka sudah mencapai berat badan yang dianggap sebagai ‘kegemukan’, mereka tidak bisa mengembalikan ke bentuk semula. Bila Anda adalah salah satu orang yang mengalami hal ini tidak, Anda harus percaya bahwa tubuh Anda bisa dikembalikan seperti sediakala. Bila kita mengingat-ingat ibu atau nenek kita, badan mereka bisa kembali langsing setelah melahirkan. Kira-kira apa ya rahasianya?
Sebelum kita menuju ke rahasia nenek moyang kita, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat mengenai penurunan berat badan.

– Pertama, jangan memulai diet terlalu cepat. Beristirahatlah sampai enam minggu setelah melahirkan. Terlebih lagi bila Anda menyusui, sebaiknya Anda menunggu sampai buah hati Anda berumur dua bulan sebelum Anda melakukan program diet apapun.
– Jangan diet mati-matian. Bila Anda cukup aktif, kalori yang Anda butuhkan tidak seharusnya di bawah 1,800 per hari. Bila Anda menyusui, Anda membutuhkan tambahan 300-500 kalori per hari. Bila Anda melakukan diet terlalu ketat, kebutuhan nutrisi untuk Anda dan ASI tidak akan terpenuhi.

Penampilan memang penting, tapi kesehatan tubuh kita jauh lebih penting lagi. Apalagi, kekurangan nutrisi pada saat menyusui juga sangat berpengaruh pada bayi Anda. Berikut ini ada beberapa paduan makanan yang bisa Anda makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setelah melahirkan sekaligus membantu mengembalikan bentuk tubuh seperti semula.

– Minyak Zaitun
Minyak ini kaya akan lemak sehat yang bisa memberikan rasa kenyang dan mengendalikan nafsu makan, sekaligus sebagai sumber antioksidan
– Jamur
Jamur bisa digunakan untuk menggantikan daging, karena jamur mengandung rendah kalori, tetapi memiliki tekstur seperti daging. Dengan mengkonsumsi jamur, Anda bisa mengurangi kalori serta lemak namun tetap sehat
– Paprika Merah
Paprika merah sangat bagus dikonsumsi karena sayur ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Jadi sangat bagus untuk dicampurkan ke dalam masakan sehari-hari Anda untuk mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kekebalan tubuh

Selain tiga points di atas, Anda juga bisa menambah sayuran dan buah-buahan yang lain, karena menggabungkan berbagai macam makanan akan menambah jenis asupan sehat untuk tubuh Anda. Selain Makanan, ada beberapa resep tradisional/alami yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan berat badan Anda ke bentuk semula.

1. Menyusui
Aktifitas menyusui merupakan cara alami untuk menurunkan berat badan, paling tidak satu semester setelah melahirkan. Ketika menyusui, ada beberapa jenis hormone yang dilepaskan ke dalam tubuh Anda, dan hormone-hormon ini yang mendukung rahin untuk mengembalikan bentuk tubuh Anda seperti sebelumnya. Selain itu, saat Anda menyusui, Anda juga membakar kalori sebanyak ketika Anda berenang selama jam, atau 200-500 kalori.

2. Memakai Stagen  
Stagen dibalutkan ke bagian abdomen wanita setelah melahirkan bisa membantu merampingkan pinggang. Fungsi stagen sedikit berbeda dengan gurita, karena gurita hanya berfungsi mengembalikan fungsi serta bentuk alat kandunga setelah persalinan. Akan tetapi, bila si ibu menjalani operasi sesar saat melahirkan, maka penggunaan stagen sangat tidak dianjurkan.

3. Akupuntur Pelangsingan
Akupuntur ini merupakan penurunan badan holistic dengan menggunakan jarum. Titik-titik ditancapkannya jarum akupuntur bisa memberikan rangsangan ke dalam tubuh Anda supaya melepaskan endorphin, yang membantu Anda mengendalikan nafsu makan.

4. Meminum Jamu  
Meminum jamu/ramuan alami setelah melahirkan sudah menjadi tradisi masyarakat kita. Biasanya bahan-bahan yang digunakan berupa daun-daunan, seperti daun papaya, daun jinten, asam jawa, daun iler, dan sebagainya. Akan tetapi, sekarang ini sudah banyak perusahaan jamu yang telah meramu semua daun-daunan itu sehingga bisa cepat disajikan. Selain mengembalikan bentuk tubuh seperti semula, jamu juga ditujukan untuk memulihkan rahim supaya, sehat, kencang dan bersih.

5. Pijat Payudara
Tujuan pijat payudara sebenarnya adalh untuk melancarkan ASI. Pada poin 1 dijelaskan bahwa aktifitas menyusui bisa membakar kalori. Bila ASI Anda lancar, aktifitas menyusui Anda pun ikut lancar, Anda sehat dan tubuh kembali ke bentuk asal perlahan-lahan, serta bayi sehat pun juga sehat.

6. Totok Wajah  
Totok wajah untuk membuat bagian wajah, mata, dan sekitarnya lebih relaks, karena saat melahirkan, Anda mengejan, dan setelah melahirkan Anda banyak bergadang. Totok ini bisa membuat wajah Anda lebih relaks, serta menyenyakkan tidur Anda. Bila tidur Anda cukup, Anda bisa menurunkan berat badan lebih cepat. Ada satu studi yang menemukan bahwa wanita pasca persalinan yang tidur kurang dari 5 jam cenderung lebih sulit menurunkan berat badan, dibandingkan dengan wanita yang tidur 7 jam. Hal ini terjadi jarena ketika tubuh Anda lelah (kurang tidur), hormon cortisol dilepaskan ke tubuh Anda, yang akhirnya menyebabkan penambahan berat badan.

About anteeka

I love traveling and experiencing cultures around the world, specifically the food. Having eaten many kinds of food, it has made me realize that food can be either a disaster or a healer. When The healing side of food is incorporated with exercise routine, your life will be automatically balanced...

  • hans

    bila ingin serius menurunkan berat badan dengan produk HERBAL alami, bisa dg mengkonsumsi BIOFIT herbal.

    Sudah banyak konsumen yg menggunakan produk ini. rata-rata dalam 1-2minggu baju dan celana mulai longgar.
    gangguan kesehatan seperti alergi, migrain dan jantung berdebar berangsur hilang.

    biofit ada 5 paket biasa dan 1 paket khusus maag akut
    harga:
    150rb (bisa menurunkan sekitar 5kg, program 1bln, bentuk nya kapsul)
    275rb (bisa menurunkan sekitar 8kg, program 2bln, bentuk nya kapsul)
    420rb (bisa menurunkan sekitar 12kg, program 1bln, bentuk nya kapsul)
    550rb (bisa menurunkan sekitar 15kg, program 1bln, bentuk nya kapsul dan teh celup biofit)
    750rb (bisa menurunkan sekitar 20kg, program 1bln, bentuk nya kapsul dan teh celup biofit)
    untuk paket biasa sdh aman digunakan untuk yang sakit maag tdk akut.

    untuk paket khusus harga 2.250.000
    program 3bln, bentuknya kapsul dan teh celup biofit

    semua konsumen yang ingin mengikuti program ini disarankan untuk menimbang dan mengukur lingkar badan terlebih dulu, tujuannya sebagai pembandingsebelum dan sesudah program.

    yang membedakan tiap paket yaitu isi ramuannya memiliki kelebihan masing-masing dalam menurunkan berat badan
    bila anda SERIUS dan MEMILIKI NIAT menurunkan berat badan dan sehat, bisa hubungi
    0878 3232 7700

Ingin kurangkan berat badan? Jom sertai cabaran Jom Kurus bersama saya.