Olahraga untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani

By November 3, 2011 Health & Fitness No Comments

Banyak diantara kita berpikir bahwa olahraga itu hanya untuk memenuhi kebutuhan jasmani. Hal ini tidak salah, tetapi tidak sepenuhnya benar. Tidak banyak yang tahu bahwa olahraga juga memiliki fungsi sebagai penstabil mood Anda, sehingga olahraga bisa mengurangi bahkan menghilangkan stres dan depresi. Jadi, bila Anda bisa melakukan olahraga ringan selama kira-kira 30 menit, 3 sampai 4 kali dalam seminggu, Anda bisa menstabilkan tekanan darah, yang bisa membuat mood Anda mejadi baik pula. Olahraga ringan ini bisa berupa berenang, berjalan, angkat barbel kecil, bersepeda, dan lain lain.
Selain itu, sudah terbukti bahwa orang yang biasa melakukan olahraga ringan secara rutin, akan lebih fleksible. Fleksibilitas tubuh terjadi karena olahraga mampu menguragi stress yang terjadi pada otot dan persendian Anda.

Akan tetapi, bisa berolahraga rutin itu tidak semudah yang kita dengar. Banyak dari kita sering mengaku terlalu sibuk untuk berolahraga, karena jam 7 pagi, Anda sudah harus berada di kantor. Sedangkan pulang, sekitar jam 3 atau bahkan jam 5 sore. Sudah terlalu lelah untuk berolahraga. Asumsi ‘tidak ada waktu untuk olahraga’ muncul karena kita berpikir bahwa olahraga itu harus pergi ke fitness center, atau harus berlari selama 2 jam, dan sebagainya. Padahal olahraga bisa dimulai dengan hal sesederhana menarik nafas dalam-dalam untuk membuat tubuh Anda rileks. Mungkin kita bisa merasakan bahwa reaksi tubuh kita terhadap stress dan depresi begitu cepat. Dan bernafas secara perlahan dan dalam menjadi olahraga paling ringan untuk menurunkan reaksi stress Anda, dan menciptakan mood baik.

Setelah Anda mengambil nafas dalam-dalam, Anda bisa meneruskan olahraga ringan ini dengan menenangkan pikiran Anda. Mungkin ini adalah ide klasik yang sering Anda dengar, tapi banyak dari kita lupa begitu saja karena kita sudah terlalu lama terbawa stress. Stres sendiri menyerang dua bagian tubuh kita, yaitu jasmani dan rohani. Jadi menenangkan pikiran dan konsentrasi bisa mempercepat hilangnya stress. Untuk menenangkan pikiran, Anda bisa melakukan hal-hal yang Anda sukai, seperti menggambar, berkaraoke, membaca dan sebagainya. Akan tetapi beralih ke olahraga ringan, seperti yang sudah dijelaskan di atas, akan sangat membantu. Anda bisa berjalan di tempat yang tenang, untuk itu mencari tempat yang tenang sangat dianjurkan, dan carilah momen yang tepat, seperti pagi hari, sekitar jam 5-6.

Selain itu, Anda juga perlu mengingat bahwa stres tidak hanya muncul karena pikiran Anda, seperti misalnya banyak beban, sedih dan sebagainya, tapi juga karena aktifitas Anda yang monoton dan memaksa Anda untuk duduk di depankcomputer selama berjam-jam. Dan akhirnya tubuh Anda menjadi korban. Anda sering mengeluh punggung Anda sakit, sering pusing, badan terasa pegal semua dan sebagainya. Keluhan-keluhan tersebut muncul karena tubuh Anda tidak aktif yang membuat otot Anda semakin lemah dari hari ke hari.
Sekali lagi, bila Anda berkonsultasi dengan dokter Anda dan menyampaikan keluhan-keluhan seperti di atas, mereka pasti akan menyarankan Anda untuk sering jalan atau lari pagi. Olahraga ringan tersebut sangat baik untuk memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Dan aliran tubuh yang lancar akan membuat tubuh sehat dan menstabilkan mood.

About anteeka

I love traveling and experiencing cultures around the world, specifically the food. Having eaten many kinds of food, it has made me realize that food can be either a disaster or a healer. When The healing side of food is incorporated with exercise routine, your life will be automatically balanced...

Promosi Raya Untuk Lifetime Membership Diskaun RM30