Setiap budaya selalu memiliki perayaan tersendiri. Perayaan ini menjadi satu tradisi yang tak terlupalan di setiap negara. Kalau di negara-negara barat, Natal adalah perayaan terbesar, di Asia (Cina, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, dll.) Tahun baru Imlek merupakan perayaan yang sangat ditunggu-tunggu.
Seperti halnya natal, orang-orang yang merayakan tahun baru Imlek juga membelanjakan uang mereka untuk membeli hadiah, mendekorasi rumah, membeli bahan makanan serta baju. Tahun baru ini berlangsung selama dua atau tiga hari. Dan malam tahun baru Imlek merupakan pesta makanan, dimana semua sanak saudara berkumpul untuk menikmati menu yang telah dibuat.
Makanan untuk tahun baru imlek kebanyakan adalah makanan Cina. Sekilas, makanan-makanan tahun baru Imlek dipenuhi dengan sayur segar, makanan kukus, dan sebagainya. Namun, Anda harus tetap waspada, karena banyak sekali makanan tahun baru Imlek yang mungkin harus Anda batasi, atau bahkan harus dihindari karena alasan diet atau kondisi kesehatan tertentu.
Karena banyak sekali makanan pada Tahun baru Imlek, mungkin mengambil contoh menu paling familiar di tahun baru Imleks.
1. Bebek Peking (Peking Duck)  
Ini adalah bebek panggang versi Beijing yang paling terkenal. Untuk memasak bebek ini, kulit dan lemak harus dibersihkan lebih dahulu. Namun, ini tidak membuat menu ini rendah kalori. Anda percaya atau tidak, dalam setiap sajian normal berukuran 437 gram, terkandung 1600 kalori! Dari total kalori ini bebek Peking mengandung kolesterol sebanyak 288 mg, dan sodium 588.6 mg. Total lemakny adalah 151g.

 

2. Babi Asam Manis (Sweet Sour Pork)  
Sup ini adalah masakan Cina yang khusunya terkenal di dalam masakan Kanton yang berawal dari masakan Jiangsu, dan sekarang sudah terkenal di seluruh dunia, serta menjadi salah satu menu yang memeriahkan tahun baru imlek. Di dalam menu ini, jelas ada daging babi yang dimasak dengan gula dan cuka. Setiap sajian 459 gram dari sup babi asam manis ini terdapat 606 kalori. Dari kandungan kalori tersebut, bisa dirinci dengankolesterol 92.8mg, lemak total 23g, dan sodium 1474 mg.

 

3. Menu Kombinasi  
Mungkin Bebek Peking dan babi asam manis adalah salah satu menu besar yang diambil hanya sepotong. Ketika sudah berada di dalam acara makan malam imlek, Anda tentunya merasa ingin mengambil semua menu, jadilah menu kombinasi yang terdiri dari nasi goreng, mie, lumpia (spring roll), ayam lemon, sup babi asam manis. Yang total kalorinya mencapai 900!

 

 

4. Sapi Jeruk Krispi (Crispy Orange Beef)  
Ada lagi yang perlu Anda waspadai saat pesta makan tahun imlek, yaitu Crispy Orange Beef. Menu ini mengandung 346 kalori. Setiap sajiannya mengandung lemak total mencapai 9.5g. Lemak ini terdiri dari 3.6 g dari lemak jenuh, dan 0.5g dari lemak tak jenuh ganda, dan lemak tak jenuh tunggalnya ada 4.0g. Selain itu juga, mengandung kolesterol 100.9 mg, serta sodiumnya mencapai 569.7g.

 

5. Kue Beras (Chinese New Year Rice Cake)  
Selain menu utama, tidak ketinggalan pula kue-kue untuk camilan. Kue yang biasanya menghiasi Tahun Baru Imlek adalah Kue Beras. Bila Anda ingin memakannya dalam jumlah banyak, Anda mungkin harus berpikir dua kali karena dalam 200g sajian kue beras, terdapat kalori dengan jumlah 670. Lemak totalnya 2g, serta karbohidrat 86g.
Ketika Anda berada di dalam acara makan malam Tahun Baru imlek, sebaiknya memilih menu yang ringan akan kalori dan lemak. Bisa, makan makanan berlemak dan berkalori tinggi, namun bisa dikurangi porsinya. Ini penting bila Anda sedang berada di dalam program diet atau berada dalam kondisi kesehatan yang mengkhawatirkan.