Tambah Buah dan Sayur: Pola Makan Sehat Rendah Kalori

Era sekarang, banyak sekali    diantara  kita yang tanpa sadar melalaikan  kebutuhan vitamin yang terkandung di  dalam buah dan sayur. Tanpa terasa tubuh  kita mengalami defisiensi vitamin yang  mengakibatkan beberapa gangguan tubuh,  seperti misalnya kekebalan tubuh  menurun, energi tubuh berkurang,  mengalami sakit tertentu, dan sebagainya.  Selain itu, banyak dari kita yang lupa  bahwa sayur dan buah adalah makanan rendah kalori yang bisa sangat membantu diet kita.

Mungkin banyak di antara Anda yang heran mengapa hal ini bisa terjadi? Bukan karena kelaparan dan sebagainya, tapi karena gaya hidup kita yang ‘Maaf saya tidak ada waktu untuk mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna setiap hari!’, dan akhirnya tubuh kita menjadi korban. Sehingga yang terjadi adalah Anda mencari makanan yang mudah didapat dan dibawa kemana-kemana, bahkan di atas meja kerja Anda, di depan komputer. Mungkin ketika Anda sekarang berusia muda, efek buruknya tidak terlalu terasa.

Akan tetapi ketika Anda sudah memasuki usia kepala 4, Anda akan mulai mengeluhkan akibat buruk tersebut. Itulah mengapa mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari sangat dianjurkan. Memang tidak terlalu bisa disalahkan bila Anda kesulitan menyiapkan buah dan sayur, karena jam kerja Anda yang padat.

Akan tetapi, itu bukan akhir dari segalanya, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk membantu Anda memenuhi buah dan sayur setiap hari:

  1. Ketika Anda tidak bekerja, mungkin sepulang kerja, atau akhir minggu; sempatkan pergi ke supermarket atau toko buah yang menyediakan buah dalam kemasan. Anda bisa menyimpannya di lemari es, dan ketika Anda berangkat bekerja, buah dalam kemasan tersebut bisa dibawa ke tempat kerja atau kemana saja sesuai dengan aktifitas Anda. Dalam poin ini, buah bisa juga berfungsi sebagai camilan sehat Anda.
  2. Buah segar itu yang terbaik untuk kesehatan, tetapi tidak tahan lama. Jadi, bila Anda tidak mengkonsumsinya dalam secara cepat, buah tersebut bisa membusuk. Bila Anda tahu bahwa Anda tidak akan bisa mengkonsumsi buah segara secara cepat, buah kering juga menjadi pilihan yang bagus. Tetapi, ingat, bacalah kandungan vitamin dan kalorinya untuk menyesuaikan dengan kebutuhan harian Anda.
  3. Bila Anda tidak bisa membeli buah setiap hari, pilihan lain adalah dengan meminum jus buah asli. Jus buah sangat mudah didapatkan dimana-mana, tidak hanya di supermarket, tetapi juga di warung makan biasa; dan harganya relatif murah. Jus sangat baik untuk tubuh Anda, daripada mengkonsumsi soft drink, atau minuman yang mengandung soda.
  4. Tambahkan sayur dimenu Anda. Jadi, misalnya, Anda pergi makan gado-gado atau lalapan. Mintalah kepada penjual nasi untuk menambahkan jumlah sayurnya. Mungkin harganya akan naik sedikit, tetapi tidak akan banyak

Sekilas, tips di atas terlihat mudah, tetapi pada kenyataanya, tidak banyak orang yang membiasakan diri untuk menambah jumlah konsumsi buah dan sayur. Itulah mengapa, Anda harus membiasakan diri, mulailah dari sekarang. Ingatlah, bahwa program diet yang sehat selalu menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayur. Jika Anda sudah berkeluarga dan punya anak, pola makan sehat ini bisa Anda ajarkan kepada anak Anda. Biasakan mereka membawa buah di dalam kotak makanan mereka sejak mereka berusia muda. Dengan begitu Anda membantu anak-anak Anda membentuk pola makan sehat rendah kalori sejak dini.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like