Manfaat Kulit Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Bila Anda mendengar kata Lemon, yang pertama kali muncul dalam benak Anda adalah es lemon. Lemon memang sudah terkenal khasiatnya, mulai dari pembawa mood baik di pagi dan sore hari, sampai memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik. Pada umumnya, manfaat-manfaat tersebut sangat diasosiasikan dengan buah lemon. Tapi, apakah Anda pernah tahu bahwa kulit lemon pun memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan Anda. Bila Anda belum mendengar sama sekali tentang hal ini, Anda bisa membaca uraian berikut ini.

Mengkonsumsi kulit lemon bisa membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Kulit lemon mengandung kalium yang membantu mempertahankan tekanan darah. Kandungan Polifenol flavonoid membantu menurunkan kolesterol LDL, yang merupakan kolesterol jahat. Selain itu, vitamin C dan P juga terkandung di dalam kulit lemon, dan kedua vitamin ini membantu membersihkan pembuluh darah. Bila pembuluh darah Anda bersih, resiko timbulnya penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi, jantung dan diabetes akan semakin menurun.

Melawan Kanker

Kulit lemon mengandung komponen bernama salvestrol Q40 dan limonene. Komponen tersebut melawan sel-sel kanker yang tumbuh di dalam tubuh. Selain itu, kandungan flavonoid di dalam kulit lemon sangat efektif membatasi perkembangan sel kanker. Itulah sebabnya, kulit lemon dikenal sebagai pencegah perkembangan sel kanker, seperti kanker usus, kanker payudara, dan kanker kulit.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Untuk memiliki tulang yang kuat dan sehat, Anda harus menyediakan jumlah kalsium yang baik. Kulit lemon tidak hanya mengandung vitamin C, tetapi juga kalsium. Kulit lemon telah terbukti membantu pencegahan berbagai gangguan tulang, seperti rematik, patah tulang, osteoporosis, osteoarthritis dan polyarthritis inflamasi.

Meningkat Kekebalan Tubuh dan Memperbaiki Sistem Pencernaan

Inti dari mempertahankan kesehatan tubuh dan melindungi dari dari infeksi dan penyakit adalah mengembangkan sistem kekebalan tubuh. Lagi-lagi, kulit lemon memiliki khasiat ini karena kaya akan vitamin C yang melindungi tubuh dari infeksi dan datangnya penyakit baru. Itulah mengapa mengkonsumsi kulit lemon sangat efektif mengobati sakit tenggorokan, flu, masuk angin, infeksi serupa. Selain itu kulit lemon meningkatkan sistem pencernaan, karena mengandung serat yang memperlancar buang besar.

Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Mulut

Bila Anda mengalamai defisiensi atau kekurangan vitamin C, Anda akan mudah mengalami berbagai gangguan pada mulut, seperti gusi berdarah, radang gusi dan lain lain. Kulit lemon mengandung banyak asam sitrat yang mencegah masalah gigi dan gusi. Oleh karena itu, daripada membuang kulit lemon, Anda sebaiknya mengkonsumsinya.

Menetralisir Radikal Bebas

Radikal bebas bertanggung jawab atas beberapa jenis kanker, penuaan, jantung, penyakit autoimun dan pembengkakan. Dibutuhkan banyak vitamin C untuk menetralkan radikal bebas, dan kulit lemon memiliki kandungan ini. Radikal bebas bisa merusak pembuluh darah. Sehingga, bila Anda mengkonsumsi vitamin C banyak dari kulit lemon, Anda juga akan menjaga sirkulasi darah Anda.

Kulit Lemon dan Kulit Sehat

Kebanyakan, masalah yang muncul pada kulit adalah pigmentasi, keriput, bintik gelap, jerawat dan lain sebagainya. Gangguan-gangguan yang muncul pada kulit biasa juga disebut sebagai tanda-tanda penuaan, dan radikal bebas menciptakan permainan ini dalam kulit Anda. Kulit Lemon adalah sumber alami vitamin C dan asam sitrat, yang membantu dalam membersihkan pembuluh darah dalam tubuh dan menghilangkan semua kotoran yang ada dalam sel-sel kulit. Kulit Lemon benar-benar membuat kulit Anda sehat. Kulit lemon juga bagus untuk jerawat karena mengandung antioksidan yang mendetoksifikasi kulit. Mungkin Anda bisa membeli kulit lemon dalam bentuk bubuk untuk wajah Anda, akan tetapi mengkonsumsi kulit lemon adalah pilihan yang terbaik.

Meningkatkan Metabolisme dan Menurunkan Berat badan

Kulit lemon terdiri dari komponen yang dikenal sebagai pektin, yang membantu dalam penurunan berat badan. Pektin sebenarnya memiliki sifat yang bisa mengubah ke dalam bentuk jelly, sehingga mencegah tubuh Anda untuk menyerap terlalu banyak gula, yang akhirnya membantu menjaga berat badan Anda. Jadi, bila Anda meluangkan waktu untuk meminum secangkir air hangat dengan air lemon, jangan lupa memakan kulitnya juga.

0 Shares:
2 comments
  1. Kulit limau tu dipotong-potong kecil dan dimasukan sekali dengan air perahan lemon memang pahit tapi mengenangkan khasiatnya ia boleh menjadi amalan kebiasaan kalau dipaksakan peringkat awalnya. Selamat mencuba …terima kasih admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like