10 Tips Mengatasi Stres

Hidup itu seperi gunung dan lembah, kadang naik, kadang juga turun sampai ke jurang. Karena distorsi yang begitu besar antara keduanya, sering kali manusia tiap siap menghadapi masa-masa ‘jurang’ tersebut. Mungkin satu-satunya jalan adalah mencari solusi dari masalah utama. Namun, solusi itu sendiri pun masih sulit untuk diusahakan dalam waktu dekat. Dan akhirnya ini menimbulkan stres.

Sebaiknya, Anda tidak harus menunggu sampai solusi ditemukan untuk mengatasi stress tersebut, karena ketika stres, tubuh Anda akan mengalami penurunan, bahkan bisa sakit-sakitan dan ada yang sampai bunuh diri. Ingatlah, bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Bila Anda sekarang mengalami stres, Anda bisa mencari pertolongan pertama untuk tubuh Anda sendiri sampai ditemukannya solusi yang sebenarnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk mengatasi stress.

1. Tersenyum


Ketika kita tersenyum, otot wajah kita mengalami relaksasi dan dengan segera mengirimkan sinyal ke otak dan membuat kita gembira. Jangan menunggu ada kesempatan untuk tertawa. Memalsukan tawa pun bisa.

2. Bermeditasi


Meditasi membantu menenangkan saraf dan membantu Anda berhubungan dengan alam. Menjaga Anda agar tetap berpikir jernih. Bagi yang beragama, Anda bisa berdoa di masjid, gereja, pura atau wihara. Selain itu Anda juga bisa melakukan meditasi yoga.

3. Olahraga


Olahraga menarik otak dan energi dari otak Anda dan membawanya ke tubuh dan kaki. Ini akan menciptakan relaksasi untuk otak dan memberikan energi lebih ke tubuh Anda. Akhirnya Anda akan merasa baik dan bugar. Olahraga untuk mengurangi stres bisa bermacam-macam, sebaiknya carilah olahraga yang menyenangkan seperti berenang, menyelam, snorkeling, naik gunung, joging, lari pagi, atau bahkan terjun payung.

4. Bersyukurlah


Semakin Anda berfokus dengan hal-hal yang gagal Anda raih atau tidak punya, Anda akan menjadi lebih stres. Sehingga Anda harus mengubah fokus Anda terhadap hal-hal yang Anda syukuri, dan tunggu sana hasilnya.

5. Makan Makanan yang bergizi

Makanan sampah/cepat saji seperti tepung olahan dan gula bisa menghilangkan nutrisi penting dari tubuh kita dan bisa melemahkan tubuh kita. Jadi, ketika Anda stres, cobalah untuk memperbanyak makan sayuran dan buah-buahan.

6. Carilah kesibukan


Kesibukan sederhana seperti misalnya bermain atau melakukan aktifitas menyenangkan seperti rekreasi, naik gunung, dan lain lain bisa berfungsi untuk menghilangkan stres. Anda juga bisa main ke tempat teman/pacar untuk melakukan aktifitas menyenangkan, seperti nonton di bioskop.

7. Bernafaslah dengan benar


Ambilah nafas pelan-pelan dan dalam-dalam ketika Anda merasa stres. Anda akan melihat perbedaannya setelah beberapa menit saja.

8. Posturkan tubuh Anda dengan benar


Orang yang sedang mengalami stress biasanya memiliki tulang punggung yang melengkung. Akibatnya, paru-paru Anda tidak bisa membesar dengan bebas dan fungsinya menurun 30% dari kapasitas yang sebenarnya. Akhirnya ini menyebabkan energi berkurang dan lesu. Jaga tulang punggung Anda agar tetap tegak dan santai.

9. Pijatkan tubuh Anda


Pijat dengan minyak setiap minggu bisa melepaskan stres dan memperbaiki kesehatan Anda. Biasanya pijat-pijat tradisional di punggung bisa sangat membantu.

10. Bergabunglah dengan orang-orang yang menyenangkan dan gembira


Gelak tawa itu sangat bisa menular. Bila orang-orang yang gembira bisa membuat Anda gembira, maka orang-orang stres dan depresi bisa membuat Anda lebih stres.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like