Kenyang, tapi tidak Berlebihan

Bila Anda memiliki tendensi untuk makan terlalu banyak, Anda juga punya tendensi menambah berat badan. Satu poin penting tentang kegemukan adalah makan makanan yang Anda suka (bukan yang Anda butuhkan) sampai puas. Hal ini bisa mengantar Anda ke satu masalah yaitu makan terlalu banyak.

Orang yang punya masalah dengan berat badan berawal dari masalah mengontrol apa yang mereka makan. Bila Anda adalah salah satu dari orang tersebut, Anda harus belajar untuk mengontrol nafsu makan. Hal ini memang sulit, tapi bila Anda tahu bagaimana caranya, hal ini tidak akan menjadi masalah lagi.

  1. Yakinkan diri Anda untuk mengatur jumlah makanan yang benar-benar ingin Anda makan. Ini akan memberi gambaran jelas tentang jumlah makanan yang harus Anda konsumsi pada waktu-waktu tertentu
  2. Jangan makan terlalu banyak hanya karena Anda takut menyisakan makanan. Anda bisa menyimpan sisa makanan di dalam kulkas, dan memakannya lagi nanti.
  3. Jangan makan dengan tergesa-gesa. Nikmati makan Anda pelan-pelan, karena bila Anda makan secara perlahan-lahan, Anda bisa merasa kenyang lebih cepat.
  4. Untuk mengetahui apakah Anda sudah kenyang apa belum saat makan, bernafaslah dalam-dalam. Mengambil nafas dalam-dalam bisa membuat pikiran Anda fokus terhadap perut Anda, sehingga Anda bisa membaca bahasa perut Anda apakah ia sudah kenyang apa belum.
  5. Jangan makan sambil menonton TV karena menonton TV akan mengurangi kenikmatan makan Anda.
  6. Ciptakan suasana yang menyenangkan di tempat makan, karena suasana tersebut akan membuat nafsu makan Anda terkendali.
  7. Duduklah dengan nyaman ketika Anda makan, sehingga Anda bisa fokus terhadap waktu makan dan makanan itu sendiri
  8. Nikmati aroma, bentuk dan rasa makanan Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mendapat kepuasan makan sejak Anda mengawali makan, tanpa menunggu sampai selesai
  9. Fokuslah pada makanan yang paling Anda sukai, dan batasi diri dengan meninggalkan makanan yang tidak terlalu Anda inginkan. Memakan makanan yang paling Anda sukai akan memberikan kepuasan lebih awal.
  10. Segera tinggalkan meja makan saat Anda sudah merasa memenuhi rasa lapar Anda. Duduk berlama-lama di meja makan akan memberi Anda kesempatan lagi untuk mengambil atau sekedar mencicipi makanan lain. Meskipun tidak sebanyak makanan utama, mencicipi makanan bisa menambah kalori juga.
  11. Bila Anda ingin menambah jumlah makanan, pikirkan baik-baik sebelum Anda memutuskannya. Kalau memang masih lapar, tambahkan sedikit makanan tidak masalah, tapi berhentilah setelah Anda merasa kenyang.
  12. Buatlah jurnal makan. Tulislah makanan apa saja yang sudah Anda konsumsi setiap hari. Anda bisa membuat tabel makan dan perbandingan antara hari ini dan hari esok. Dengan membandingkan tabel makanan, Anda bisa melihat apakah Anda bisa mempertahankan makanan rendah kalori atau tidak.
  13. Makanlah bila Anda merasa lapar, dan jangan menunda makan bila Anda sudah merasa lapar.
  14. Jangan pula lupa minum banyak air putih, karena air putih mengurangi porsi makan tanpa menambah kalori apapun ke dalam tubuh Anda.

Banyak sekali yang bisa Anda bisa lakukan untuk menutup rasa lapar tanpa mengkonsumsi terlalu banyak makanan. Bila Anda mulai tidak bisa mengkontrol rasa lapar atau keinginan nyemil yang berlebihan, Anda bisa membaca tips-tips yang sudah dijelaskan di atas. Makanlah untuk hidup.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like